Honda Stylo 160 dan Honda Scoopy: Serupa Tapi Tak Sama

cookies
Kami menggunakan cookies untuk memberikan pengalaman yang terbaik untuk kamu
close

Honda Stylo 160 dan Honda Scoopy: Serupa Tapi Tak Sama

Honda Stylo 160 dan Honda Scoopy: Serupa Tapi Tak Sama

Sering dikira motor yang sama, ternyata Honda Stylo 160 berbeda dengan Honda Scoopy. Simak penjelasannya dibawah ini.

 

Semenjak peluncuran Honda Stylo 160 pada 2 Februari 2024 lalu, tidak sedikit orang yang mengira bahwa Honda Stylo 160 merupakan motor yang sama dengan Honda Scoopy.

Honda Scoopy 2023 rilis di Indonesia pertama kali pada tanggal 20 Oktober 2023. Motor Honda Scoopy, yang merupakan salah satu motor terlaris di Indonesia memiliki banyak fitur yang bermanfaat untuk dipakai sehari-hari, seperti console box yang besar dan tempat penyimpanan di bawah jok yang besar.

Walaupun memiliki kemiripan, keduanya merupakan motor yang berbeda. Berikut ini akan dijelaskan perbedaan diantara keduanya.

Perbedaan Stylo dan Scoopy

  1. Tipe Motor

Dari segi kategori, kedua motor ini merupakan scooter matic sehingga dapat dikatakan mirip dari segi bentuk. Tetapi, keduanya memiliki kapasitas yang sangat berbeda, Honda Scoopy memiliki kapasitas 109.5 cc dan Honda Stylo 160 memiliki kapasitas sebesar 156.9 cc.

  1. Harga

Dari segi harga per Februari 2024, Honda Scoopy dapat mulai dibeli di Rp22.6jt sedangkan Honda Stylo 160 dari Rp27.5jt. Meskipun Scoopy lebih murah, Honda Stylo 160 memiliki mesin yang lebih bertenaga dengan kapasitas 160 cc, yang membuatnya lebih baik dalam hal performa.

  1. Dimensi

Secara dimensi, Honda Stylo 160 sedikit lebih besar dan lebih tinggi dari Honda Scoopy, dengan ukuran lebar 701 mm dan tinggi 1133mm sedangkan Honda Scoopy memiliki ukuran lebar 683 mm dan tinggi 1075mm. Hal ini membuat Honda Stylo 160 lebih digemari oleh orang yang suka motor matic dengan ukuran lebih tinggi.

  1. Fitur

Tangki menampung oli yang dimiliki Honda Stylo juga lebih besar yaitu 0.8L sedangkan Honda Scoopy memiliki tangki oli sebesar 0.65L.

Desain velg, ban, dan kapasitas bagasi dan tangki bahan bakar juga berbeda, Honda Stylo 160 sebesar 5L dan Honda Scoopy sebesar 4.2L. Namun, untuk segi keamanan keduanya telah menggunakan sistem pengereman CBS, tetapi Honda Stylo menambahkan sistem ABS yang tidak dimiliki oleh Honda Scoopy. Selain itu, Honda Stylo telah menggunakan Full Digital Panel Meter dan Honda Scoopy masih Combined Digital Panel Meter.

Semua varian Honda Stylo 160 telah menggunakan smart key system sedangkan Honda Scoopy hanya memiliki smart key system untuk Honda Scoopy Prestige. Lalu, Honda Stylo memiliki hook di tengah yang dapat dilipat jika sedang tidak digunakan, bernama Pop-up Center Hook dan Honda Scoopy memiliki utility hook yang dapat dilipat bernama Functional Hook yang berada di pinggir. 

Fitur Motor Honda Scoopy

 

Fitur Motor Honda Stylo

  1. Warna

Untuk warna, Honda Scoopy memiliki 8 varian warna yang beragam yaitu Fashion Brown, Sporty Red, Fashion Blue, Prestige Black, Prestige White, Stylish Red, Sporty Grey, dan Stylish Green. Sedangkan Honda Stylo 160 memiliki 6 varian warna yang beragam yaitu Glam Black, Royal Green, Glam Red, Glam Beige, Royal Matte Black, dan Royal Matte White.

Persamaan Stylo dan Scoopy

Walaupun banyak memiliki perbedaan, kedua motor ini juga memiliki beberapa persamaan, seperti masih sama - sama menggunakan bahan bakar bensin. Berikut akan dijelaskan persamaan yang lain:

  • Rem depan: disc
  • Pipa knalpot: single exhaust
  • Jenis penggerak: belt drive
  • Konfigurasi katup: SOHC
  • Tipe injeksi: fuel injection
  • Jenis kopling: Automatic, Centrifugal, Dry Type
  • Jumlah langkah: 4 stroke
  • Jenis bahan bakar: petrol

Jadi, manakah yang lebih baik? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan dari beberapa aspek. Jika mencari motor matic yang lebih premium dan berkapasitas besar, kalian dapat memilih Honda Stylo 160. Sebelum membeli, sesuaikanlah dengan kebutuhan dan keinginan Anda